Main Article Content

Argyo Demartoto

Abstract

Pariwisata sebagai sektor unggulan di Indonesia dapat menopang pembangunan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Pemerintah, swasta, pelaku wisata dan masyarakat berperan dalam pengembangan pariwisata. Destinasi wisata di Surakarta Jawa Tengah dikembangkan dengan strategi digitalisasi pariwisata, namun ada tantangan dan peluang, sehingga diperlukan collaborative governance. Tujuan penelitian eksploratif ini menganalisis pengembangan digitalisasi pariwisata berbasis collaborative governance di Surakarta. Informan penelitian adalah Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Surakarta, swasta, pengelola destinasi wisata dan wisatawan. Pengumpulan data dengan observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi, lalu dianalisis menggunakan model interaktif melalui pengumpulan data, reduksi, penyajian dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagai upaya percepatan pembangunan digitalisasi wisata di Surakarta, Bidang Destinasi dan Industri Pariwisata Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Surakarta bekerja sama dengan Pandu Digital melakukan kegiatan Pelatihan Tata Kelola Bisnis dan Pemasaran digital destinasi pariwisata, serta perbaikan tata kelola, infrastruktur transportasi dan pendukung destinasi wisata berbasis digital. Digitalisasi pariwisata berbasis collaborative governance berdampak positif terhadap pengembangan pariwisata di Surakarta. Kebutuhan dukungan dana dan kualitas sumber daya manusia dapat dipenuhi melalui kolaborasi antara pemerintah, swasta, pelaku wisata dan masyarakat. Penggunaan website, media sosial dan platform digital, seperti Aplikasi Solo Destination memudahkan dan menarik wisatawan mengakses informasi destinasi pariwisata secara online, sehingga meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan.

Article Details

How to Cite
Demartoto, A. . (2023). PENGEMBANGAN DIGITALISASI PARIWISATA BERBASIS COLLABORATIVE GOVERNANCE. Prosiding Konferensi Nasional Sosiologi (PKNS), 1(2), 207–211. Retrieved from https://www.pkns.portalapssi.id/index.php/pkns/article/view/111
References
Ansell, Chris dan Alison Gash. 2008. Collaborative governance in theory and practice. Journal of Public Administration Research and Theory Vol. 18 No.4. Oxford, Oxford Academic.

Berliandaldo, Mahardhika, Achmad Chodiq dan Driszal Fryantoni. 2021. Kolaborasi dan Sinergitas Antar Stakeholder dalam Pembangunan Berkelanjutan Sektor Pariwisata Di Kebun Raya Cibinong. INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia Vol.4 No.2. Malang, Forum Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia.

Eddyono, Fauziah. 2021. Pengelolaan Destinasi Pariwisata. Ponorogo; Uwais Inspirasi Indonesia.

Kirana, Cintantya Adhita Dara dan Rike Anggun Artisa. 2020. Pengembangan Desa Wisata Berbasis Collaborative Governance di Kota Batu. Kolaborasi: Jurnal Administrasi Publik Vol. 6 No. 1. Makassar, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Makassar.

Muliawanti, L., & Susanti, D. 2020. Digitalisasi destinasi sebagai strategi pengembangan promosi pariwisata di Kabupaten Magelang. Warta Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia, 3(02), 135-1

Pikkemaat, Birgit, Mike Peters dan Bernhard Fabian Bichler. 2019. Innovation Research in Tourism: Research Streams and Actions for The Future. Journal of Hospitality and Tourism Management Vol. 41. Melbourne, Council for Australasian Tourism and Hospitality Education Inc.

Sandra, Jana. 2022. The Importance of Digital Literacy for Society 5.0: A Phenomenological Approach. Technium Soc. Sci. J. Vol. 28, 849. Getzville, William S. Hein & Co.

Sentanu, I Gede Eko Putra Sri Sentanu dan Mahadiansar. 2020. Memperkuat Peran Pemerintah Daerah: Mengelola Pariwisata Lokal yang Berkelanjutan. Jurnal Ilmu Administrasi Negara (JUAN) Vol. 8 No.1. Tanjung Pinang, FISIP Universitas Maritim Raja Ali Haji.

Suwarni. 2020. Kepariwisataan Terkait 4.0 Dengan Memanfaatkan Big Data. Tornare: Journal of Sustainable and Research Vol. 2 No.1. Bandung, Pascasarjana Universitas Padjajaran.

Swedberg, Richard. 2020. Exploratory Research. The Production of Knowledge: Enhancing Progress in Social Science. Cambridge; Cambridge University Press.

Warmayana, I Gede Agus Krisna. 2018. Pemanfaatan Digital Marketing dalam Promosi Pariwisata Pada Era Industri 4.0. Pariwisata Budaya: Jurnal Ilmiah Agama Dan Budaya Vol. 3 No. 2. Denpasar, Fakultas Dharma Duta Institut Hindu Dharma Negeri Denpasar.

Yasintha, Putu Nomy. 2020. Collaborative Governance Dalam Kebijakan Pembangunan Pariwisata Di Kabupaten Gianyar. Jurnal Ilmiah Dinamika Sosial Vol. 4 No.1. Bandung, LPPM Universitas Pendidikan Nasional.

Author Biography

Argyo Demartoto, Universitas Sebelas Maret

Program Studi Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Politik
Universitas Sebelas Maret, Surakarta, Indonesia